Prof. Dr. rer. soz. Damsar, M.A. Isi Kuliah Dosen Tamu Jurusan Sosiologi UMRAH

0
14

Jurusan Sosiologi Fisip UMRAH kembali melaksanakan Kuliah Dosen Tamu di awal semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 ini. Pada Kuliah Dosen Tamu kali ini, jurusan sosiologi mendatangkan Prof. Dr. rer. soz. Damsar, M.A sebagai narasumber kuliah dosen tamu. Prof. Damsar yang hadir sebagai Dosen Tamu (Narasumber) mengangkat Tema “Redefenisi Desa”. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Jurusan Sosiologi Fisip UMRAH di awal tahun ajaran baru ini.

Emmy Solina, M.Si selaku Sekretaris Jurusan di sela-sela kegiatan menuturkan bahwa “Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk keseriusan Jurusan Sosiologi dan jajaran staff pengajarnya dalam mengambil peranan dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di desa yang ada di Kepulauan Riau.”

Prof. Damsar dalam kegiatan ini menyampaikan mengenai gambaran kehidupan masyarakat pedesaan dalam sudut pandang sosiologi. Beliau menuturkan bagaimana ciri kebutuhan masyarakat yang ada di pedesaan serta perkotaan. Menurutnya “ciri masyarakat pedesaan menarik untuk di kaji kembali, karena sekarang banyak ditemukan orang kota yang berperilaku ndeso dan orang desa yang berperilaku kekotaan.”

“Oleh sebab itu Prof. Damsar mengajak mahasiswa dan dosen sosiologi umrah untuk melihat kembali bentuk kebutuhan dan pasar yang ada di pedesaan. Masyarakat pedesaan sekarang tidak hanya memiliki kebutuhan alamiah, kebutuhan rasional juga dimiliki oleh masyarakat desa hari ini. Pasar-pasar yang berada di pedesaan bukan hanya hadir dalam rangka memenuhi kebutuhan alamiah masyarakat desa semata. Kebutuhan rasional yang mulai ada dalam masyarakat desa menjadikan pasar yang berada di desa mulai menyediakan kebutuhan-kebutuhan rasional masyarakat di pedesaan” sambung Prof. Damsar kembali dalam penyampaiannya di kegiatan Kuliah Dosen Tamu Jurusan Sosiologi Fisip UMRAH.

Kegiatan yang berlangsung di Auditorium UMRAH tersebut berlangsung mulai pukul 15.30 hingga pukul 17.00. Terlambatnya kegiatan ini dimulai tidak menghambat semangat para dosen dan mahasiswa sosiologi untuk mengikuti kegiatan tersebut. Hal ini terlihat dari jumlah peserta yang mencapai 120 orang.

Muhammad Rais salah seorang mahasiswa sosiologi UMRAH menuturkan “Saya ingin melihat dan kuliah langsung dengan Prof. Damsar ini, selama ini saya hanya mengenal beliau dalam buku-bukunya. Saat ini beliau datang ke kampus sayang kalau kita tidak ikutan kan.”

Nama besar Prof. Damsar yang bukunya selama ini hanya dilihat di buku-buku perkuliahan menjadi motovasi tersendiri untuk mengikuti perkuliahan dengan beliau.(Tgh)

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here