Bedah Buku “Pengantar Sosiologi Pedesaan” Karya Prof. Damsar di Hadiri Dosen dan Mahasiswa FISIP UMRAH

0
32

 Sosiologi FISIP UMRAH pada tanggal 21 September 2016 yang lalu menyelenggarakan bedah buku. Kegiatan bedah buku yang berlangsung di ruang 4 ini berlangsung dari pukul 09.00-11.30 WIB ini di hadiri oleh jajaran Dosen FISIP UMRAH dan mahasiswa sosiologi.
Dalam kesempatan kali ini buku yang dibedah adalah buku “Pengantar Sosiologi Pedesaan” karya Prof. Dr. rer. soz Damsar, M.A. Bedah buku yang langsung dihadiri oleh penulisnya ini juga menghadirkan Wayu Eko Yudiatmaja, M.PA dan Yudhanto Satyagraha Adiputra, M.A sebagai pembedah.

Dalam sebuah kesempatan Rahma Safitri, M.Si selaku Ketua Laboratorium menuturkan bahwa kegiatan bedah buku ini direncanakan jauh-jauh hari dengan menunggu momentum kehadiran Prof. Damsar dalam mengisi Kuliah Dosen Tamu. Kegiatan ini memang merupakan rangkaian Kegiatan Dosen Tamu yang berlangsung sehari sebelumnya. Kegiatan ini juga merupakan upaya serius Jurusan dalam mengambil peran pembangunan dan pemberdayaan di pedesaan.

Dalam penuturannya Prof. Damsar menyampaikan kisah awal dari proses buku “Pengantar Sosiologi Pedesaan” ini, tentang bagaimana keresahannya melihat minimnya buku yang membahas Desa dalam paradigma sosiologi yang baik. Beliau juga memaparkan bahwa dalam buku ini beliau mencoba mengajak pembacanya untuk melakukan redefenisi desa. Sementara Wayu Eko dalam penyampaiannya menyambut baik buku  “Pengantar Sosiologi Pedesaan” ini. Menurutnya kajian teori dan praktis dalam buku ini ditampilkan dalam bahasa yang baik dan mudah dipahami. Namun masih ada beberapa aspek di pedesaan yang belum tersentuh oleh penulis dalam buku ini.

Yudhanto yang menelaah buku ini dalam penyampaiannya mengatakan bahwa buku ini baik dalam skala sebagai sebuah buku pengantar. Menurutnya, sebuah buku pengantar seperti ini bertugas mengantarkan pemahaman pembacanya dan kemudian menginspirasi pembacanya untuk mendalami lebih jauh hal yang sudah di antarkan dalam sebuah buku pengantar. (Tgh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here