HIMSOS  FISIP UMRAH Pelopori Musyawarah Wilayah HIMASOGI Se-Indonesia Korwil Sumatera

0
10

Himpunan Mahasiswa Sosiologi (HIMSOS) FISIP UMRAH menjadi tuan rumah Musyawarah Wilayah HIMASOGI Se-Indonesia wilayah Sumatera pada tanggal 21-24 November 2016 dan  merupakan yang pertama kalinya yang diadakan oleh himpunan mahasiswa sosiologi se-Indonesia wilayah Sumatera yang di hadiri dari 8 Universitas yang berjumlah 30 peserta delegasi yakni UIN Ar-Raniry Aceh, UR Riau, UNAND Padang, UNP Padang, STKIP PGRI Padang, UNSRI Sumsel, STISIPOL Raja Haji Fisabillilah serta termasuk Universitas Maritim Raja Ali Haji sendiri sebagai tuan rumah. 

Para delegasi dari perwakilan Perguruan tinggi se-Sumatera mulai berdatangan pada hari minggu/20/11/2016 melalui Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang dan menginap di hotel BBR. Pada hari senin/21/11/2016 kegiatan ini dimulai dengan acara Seminar Nasional yang mengangkat tema “Mengawal SDGs di Daerah Perbatasan”. Sebelum acara seminar dimulai, kegiatan Musyawarah Wilayah ini dibuka langsung oleh Rektor UMRAH dan dihadiri oleh Wakil Dekan I dan Wakil Dekan II FISIP UMRAH, Staff Ahli Ekonomi dan Keuangan kota Tanjungpinang dosen-dosen Sosiologi dan tamu undangan lainnya. Para delegasi begitu antusias mengikuti acara pembukaan Musyawarah Wilayah I Sumatera yang bertempat di Auditorium UMRAH, Dompak. Tidak ketinggalan juga pemateri Seminar Nasional turut hadir dalam acara pembukaan ini, Marisa Elsera, S.Sos, M.Si selaku Kepala Jurusan merupakan salah satu pemateri dalam acara ini, juga diikuti oleh Syaiful Anwar, SE.MM selaku Kepala Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan dan Dwi Agus Susilo, S.Kom, M.Si yang merupakan Kepala Sub Bidang Pengembangan Kreatifitas Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (KEMENPORA RI) yang langsung datang dari Jakarta.

Silaen Rovaldy  selaku Ketua Pelaksana mengatakan “Kegiatan ini merupakan lanjutan agenda kegiatan yang pernah dilaksanakan di Padang yaitu Kongres Nasional Himpunan Mahasiswa Sosiologi Indonesia yang menjadikan Sosiologi UMRAH sebagai Tuan Rumah Musyawarah Wilayah Himpunan Mahasiswa Sosiologi  se-Indonesia wilayah Sumatera pertama. kegiatan ini sekaligus bertujuan untuk menghimpun seluruh Himpunan Mahasiswa Sosiologi se-Indonesia di wilayah Sumatera dan juga kita sebagai masyarakat Tanjungpinang dapat memperkenalkan budaya melayu beserta keindahan-keindahan yang dimiliki oleh Negeri Gurindam ini.

Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari yang diselingi dengan beberapa rangkaian acara baik itu Seminar Nasional, Musyawarah Wilayah HIMASOGI Se-Indonesia Wilayah Sumatera,Diskusi Publik bersama Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Riau, Field Trip dan diakhiri dengan Acara Penutupan.Pada acara Muswil di dapati hasil pembacaan SK pengurus koordinator wilayah sumatera, pembentukan anggota muda HIMASOGI Se-Indonesia korwil sumatera, perumusan program kerja HIMASOGI Se-Indonesia korwil sumatera, saran dan rekomendasi untuk kongres HIMASOGI Se-Indonesia tahun 2017, serta penetapan tuan rumah muswil dan telah terpilih Universitas Sriwijaya (UNSRI) Sumsel sebagai tuan rumah selanjutnya tahun 2017.

 Dalam acara penutupan kegiatan pada hari kamis/24/11/2016 Musyawarah Wilayah Sumatera yang bertempat di Resto Hotel BBR, turut dihadiri oleh Wakil Dekan II FISIP UMRAH, Kepala Jurusan Sosiologi, Dosen Sosiologi, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang dan ditutup langsung oleh Bpk H.Lis Darmansyah, S.H selaku Walikota kota Tanjungpinang sekaligus penanda tanganan Deklarasi Gurindam yang merupakan salah satu hasil dari kegiatan Musyawarah Wilayah ini. Panitia yang berjumlah 45 orang yang terdiri dari semua angkatan  berusaha keras untuk menjalankan kegiatan ini dan juga dibantu oleh senior serta alumni-aumni Sosiologi UMRAH seperti Fedi Arbi, Evan Evander, S.Sos, Raja Rezki,S.Sos, Irma Sari, S.Sos, Haryo Pebi Gunantoro, S.Sos yang merupakan anggota dari Ikatan Alumni Sosiologi (IKASOS) UMRAH.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here