Tenggelamnya bahasa Indonesia dengan bahasa Gaul

0
17

Bahasa adalah alat komunikasi yang mempunyai fungsi untuk menyampaikan informasi. Informasi diperoleh dengan cara berinteraksi tanpa berinterakasi manusia akan hidup sendiri dan tidak akan mendapatkan informasi. Manusia tidak akan bisa hidup sendiri karena manusia adalah makhluk sosial.  Oleh karena itu manusia memmerlukan bahasa untuk bisa hidup saling berinteraksi sehingga bisa hidup saling tolong menolong dan bertukar informasi. Setiap negara memiliki bahasa yang digunakan masyarakatnya untuk berinteraksi dengan baik, salah satunya negara indonesia memiiki bahasa pemersatu yakni bahasa indonesia. sebagai masyarakat indonesia harus  mencintai bahasa tanah airnya sendiri.

Pengguna bahasa indonesia saat ini sudah salah digunakan apalagi dikalangan remaja, kalangan remaja sangat senang menggunakan bahasa gaul untuk berkomunikasi dan salahnya dalam bergaul. Bahasa gaul yang digunakan sangat tidak santun dan tidak berpola dengan baik. Menurut pemikiran remaja bahasa gaul yang mereka gunakan untuk berkomunikasi dengan remaja yang usianya sama  agar tidak terdengar kaku dan membut jarak, namun sebagian remaja menggunakan bahasa gaul untuk berkomunikasi dengan orang yang lebih tua,sehingga hilangnya sopan sntun di kalangan remaja di mulai dengan bahasanya

Bahasa gaul sebenarnya sudah ada sejak tahun 1980an dengan istilah bahasa Prokem. Bahasa ini digunakan oleh kalangan preman pasar dan dekat dengan tindakan kriminalitas yang bertujuan agar orang tidak mengerti apa yang mereka sampaikan. penyebab munculnya pengguna bahasa gaul itu sendiri adalah karena para remaja tidak lagi mencintai bahasa negaranya sendiri dan agak terlihat lebih kekinian dan modern. pengguna bahasa gaul ini juga bisa karena sudah terbiasa kalau sudah terbiasa salah maka kedepannya juga akan salah.

Pengguna bahasa indonesia yang baik dan benar lama kelamaan akan tidak dipakai lagi dan akan mati jika kita para generasi muda tidak merubanhnya, pemikiran saya bahasa gaul yang digunakan remaja saat ini lebih menggunkan singkatan seperti “BTW”  yang memiliki arti “By The Way”, “MAGER”  yang memiliki arti “Malas Gerak” , “OTW’  yang memiliki arti “On The way’ dan masih banyak lagi  lainnya. Bukan hanya itu saja bahasa gaul juga akibat malas penyerapan kata yang sangat panjang seperti kata “Sudah”  dan direbut  dengan “Udah”, “Aku” menjadi  “Gue”, “Engkau” menjjadi “Loe” dan masih banyak lainnya.

Seiring zaman modernisasi atau disebut dengan kekinian dengan munculnya bahasa gaul dalam masyarakat akan banyak dampak terhadap perkembangan dan eksistensi bahasa indonesia menurun dan akan di pinggirkan dengan bahasa gaul. Oleh karena itu para remaja indonesia harus lebih mencintai bahasa indonesia itu sendiri dimulai dengan menyingkirkan bahasa gaul dan menggunakan bahasa internasional yang baik dan benar.

Author : ULFA HEMI RISTIANA  Mahasiswi Sosiologi UMRAH 2016

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here